Copyright © GoDeKs faMiLy
Design by Dzignine
Re-design by ESSIP
March 30, 2013

Bicara tentang Menstruasi pada anak perempuan

source : https://s3.amazonaws.com/healthtap-public/ht-staging/user_answer/reference_image/11847/large/Systemic-menstruation.jpeg?1348254368

 Memiliki anak yang sudah beranjak remaja, memang perlu banyak referensi dan ilmu tentang alat reproduksi wanita. karena secara ga langsung si anak makin kritis untuk bertanya-tanya tentang apapun yang menyangkut hal yang agak sensitif jika dibicarakan secara transparan. Dan biasanya sang Ibulah yang berperan langsung menjelaskan ke pada anak perempuannya tentang apa, bagaimana, tentang sebab - akibat serta kendala nya ketika ada perubahan hormonal pada anak gadisnya.
Apa sih mak yang mau diomongin ?? berbelit-belit deh,,,huhuhuuufft. Intinya mau cerita pengalaman tentang Mnestruasi pertama kaka Rani hehehe

Awalnya Mimi udah curiga dengan perubahan emosi kaka. ..gadis kecilku ini, jarang sekali marah atau sedih. Sifat ceria dan cuek membuat senyum kaka ga pernah lepas dari bibirnya. Tapi beberapa hari ini, kaka mudah sekali emosi dan mendadak mellow ga tau juntrungan, efeknya Mimi juga sering tersulut emosi ga karuan. Misalnya : jika adek2nya yang emang jahil sering gangguin atau ngerjain kaka untuk buatin susu, kalo sebelumnya dengan ketawa atau balas ngejahilin si adek, senyum masih tetap bertengger di bibir, ehhh beberapa hari ini, mudah sekali marah dan bentak-bentak adeknya. Alhasil kalo ga nangis si adek ya jadi balas bentak-bentak dan akhirnya ribut yang bisa dipastikan rumah jadi rusuh. Ngomong salah sedikit langsung tersinggung dan sedih...kadang sampe mewek kayak anak kecil. Mimi yang juga suka emosian sedikit terpancing jadi sering ngomel2 sih [ emang demen ngomel padahal hehehe ]

Dan tak lama setelah itu memang si kaka mengeluh perutnya melilit kayak masuk angin gitu, udah mimi oles minyak kayu putih trus pijit-pijit sedikit masih juga meringis. Dia sendiri yang langsung bilang, Kaka mungkin mau mens ga Mi ??? uppss,,iya juga ya, seumuran kaka rata-rata udah dapet semua, sementara meski badan kaka bongsor, termasuk telat sih kalo untuk menstruasi. Mimi suruh cek ke kamar mandi, dan keluar lagi dengan muka pucat. Iya Miii.....ada bercak sedikit.
Ahamdulillah Mimi berucap,,eh malah kaka marah, Mimi niii..kaka sakit malah Alhamdulillah. Ya Mimi jawab bukan itu sayang, Mimi bersyukur pada Allah, akhirnya kaka udah jadi anak perempuan Mimi sebenarnya, dan tugas Mimi lebih berat dengan kaka, karena mulai dari sekarang kaka ga boleh tinggal sholatnya. WAJIB
Insha Allah Miii...jawab kaka.

Sebelum-belumnya kaka udah banyak tanya tentang menstruasi ini, apalagi di sekolah udah dipelajari. Jadi ga susah lagi mengarahkan kaka untuk selalu jaga kebersihan selama Haid, dan menjelaskan secara tegas tentang apa yang boleh dan tak boleh dilakukan terhadap lawan jenisnya. Sebab dan akibat yang ditimbulkan antara laki-laki dan perempuan melakukan hal yang dilarang agama dan Norma.
Bukan hal yang mudah temans....karena butuh perbendaharan kata yang harus mudah dimengerti kaka..seperti ini misalnya : Mi..kenapa perempuan bisa hamil ? , Mimi jawab asal awalnya, Ya karena ada pasangannya...protes deh!! Tapi di berita itu masih sekolah kok udah hamil, emang dibolehin ya punya pasangan selagi masih sekolah ??? [ haiyaaahhh ni anak...]
Ohh...itu maksud omongan Mimi tentang sebab dan akibat kalo kita ga kuat iman serta melakukan hubungan bebas dengan lawan jenis nak. Misal kaka punya pacar, trus tidur bersama ,melakukan hubungan yang ga boleh dilakukan anak-anak, ya jadinya seperti itu, sekolah pasti ga mau terima anak seperti itu, akhirnya berhenti sekolah, trus siapa yang rugi ??? kita yang perempuan kan, belum malunya lagi..
Tapi kok sampai bisa tidur bersama sih, kan ada orang tuanya.?? lanjutnya...
Ya mungkin dilakukan tanpa sepengetahuan orang tua, atau ortunya kurang memberi perhatian dengan anaknya [mulai berat]..tapi ingat nak, ALLAH tau semua gerak gerik kita, jadi jangan coba berbohong dengan Ayah dan Mimi yaaaa.... 

ENOUGH!! fiuhhh,,,,ini pertanyaan yang amat berat selain pertanyaan2 lain yang emg juga butuh kata2 yang mudah dimengerti kaka menjelaskannya.

Jadi untuk para Mommy yang akan segera memiliki anak yang beranjak remaja dan akil baligh, persiapkan diri , mental dan juga ilmu ya..karena menjadi Ibu yang aktif untuk anaknya adalah modal utama pola asuh dan penjagaan nyata terhadap tumbuh kembang anak gadis kita, jadilah seperti teman bagi mereka, meski terkadang dibutuhkan sedikit ketegasan untuk hal2 yang memang dilarang agama dan norma.
Cemungudh eaaaaa.... [ sambil menyemangati diri sendiri ] ^___^



28 yg mo komeng...dimariiii:

  1. Selamat ya kak Rani, selamat Mimi...
    Meninggalkan masa kanak-kanak menjadi remaja... Semoga selalu dalam lindungan Allah SWT

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin....makasi doanya bunda, dan semoga orang tuanya juga bisa amanah menjaga titipanNYA ini.

      Delete
  2. Selamat ya kakak.. :)
    dulu aku pertama mens di pondok, kelas 2 smp.. Tanpa orang tua, pertama keluar darah nangis ketakutan :(
    tapi ya pas pulang liburan, aku cerita ke ibu, terus ibu malah bilang, "kamu yo cepet Fit, ibu dulu mens umur 20 tahun". Wkwkwk...

    Yang penting mah, dalam menjawab juga gak jelas, tanpa detail, dulu aku juga cerewet gitu ma ibu nanya2..

    Hmm.. Aku punya anak cewek juga nih.. Siap2 dr sekarang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. siklus haid emg beda2 sih,,tp juara gbu'e bru umur 20 haidnya heheh

      saling mengingatkan dan berbagi pengalaman sesama orang tua yg punya anak gadis

      Delete
  3. cemungguutt yaa mimi, eeh kaka rani lagi haid, udah gede niyee, wah bentar lagi anak gadis abege :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih aunty...perlu perhatan dan penjagaan khusus deh hehhe

      Delete
  4. kk udah gede uy, selamat ya ..

    ReplyDelete
  5. sulit juga ya mbak menghadapi pertanyaan anak yang ingin serba tahu. Kayaknya orangtua harus belajar menyususn jawaban kreatif nih, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bgd tuh,,emak harus membekali diri dg ilmu dan bacaan yang bisa membantu menjawab pertanyaan kritis dr anak yang beranjak abege.

      Delete
  6. wah, kk udah gede! selamat ya...
    makasih udah berbagi ya Mi, sebentar lagi giliran aku nih! * siap-siap ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheyyy....iya nih, semoga nanti terlwati degan sempurna yaaa

      Delete
  7. Welkam to the real world, mimi :D

    ReplyDelete
  8. fiuh....lap jidad, jd deg2an kalo Naeema nnt besar, bs kah aq ngejelasin dengan kalimat yg simple dan mudah dimengerti....harus banyak belajar nih dr sekarang....makasih mi, sharingnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya dong sayang...Naeema udah gede pastinya yak. kangen dehhhh...aktif lg ya ngeblognya ???

      Delete
  9. kaka kecil sudah mulai beranjak menjadi seorang gadis, semoga ALLAH senantiasa melimpahkan lindungan-NYA untuk KAKA :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin...semoga orang tuanya bisa menjaga amanahNYA juga daeng. mks yaaa

      Delete
  10. mimi udah punya anak gadis nih semoga bisa menjaga diri ya nak

    ReplyDelete
  11. Yuk jadi ibu dan sahabat terbaik bagi anak-anak [terutama anak perempuan] kita yuk Mi. Be the first person she looking for when she wanna share her feeling, problem and happiness.

    Selamat jadi gadis remaja kakak Rani. :)

    ReplyDelete
  12. Ibu sebenarnya telah dimulai.. he.he...

    ReplyDelete
  13. Aaahhh Kaka Rani sudah menjadi gadis dewasa sekarang ...
    hati-hati jaga diri Ya Kak ...
    Jadilah Gadis yang Sholehah ...
    Tetap optimis ... ceria ... dan selalu murah senyum ...

    salam saya Mi

    ReplyDelete
  14. wah sudah besar ya. mesti lebih hati hati dalam pergaulan karena sudah gadis.

    ReplyDelete
  15. berhubung ketiga anak saya cowok semua, maka yang kami bicarakan pada anak-anak adalah masalah 'mimpi basah', agar mereka memahami permasalahan tugas dan tanggungjawabnya sebagai seorang muslim yang sudah memasuki masa balig. Komunikasi kami lakukan saat santai dan demokratis.

    ReplyDelete
  16. Aiiih susah juga menjawab pertanyaan2 seperti itu ya Mi. Athifahku baru usia 6,5 tahun sekarang tapi pertanyaannya ada2 saja, mutar ke sana ke mari dan bikin emaknya mati gaya. Apalagi kalo kelak dia nanya yang beginian.

    Alhamdulillah Mimi sudah punya anak gadis. Dan memang benar, sekarang tanggung jawabnya lebih berat buat Mimi dan kaka. Tapi insya Allah bisa. Semangat :)

    ReplyDelete
  17. Rani kelas berapa mi? Umurnya berapa tahun?
    Kayaknya masih muda banget :)
    Anak-anak skrng kenapa lebih cepat mens nya ya mi, bahkan ada yg dari kelas 3 SD uda mens, padahal aku dulu kelas 3 SMA baru mulai mens mi..
    Haddoohh apa aku yg ada gangguan yaa -___-
    *Tiba-tiba kepikiran*

    ReplyDelete
  18. Kak rani umur berapa? Kok udah mens ? Tapi gk papa. Normal

    ReplyDelete

hayuuuu...ah. komenin qta